ALL Tata Kota

Alun-Alun Selatan, Wisata Malam yang Semrawut

Meskipun tak berijin, sepeda hias tetap menjadi salah satu primadona dan ikon wisata malam di Alun-Alun Selatan.
maharsitama
Written by maharsitama

Salah satu objek wisata malam favorit di Yogya adalah kawasan Alun-Alun Selatan. Potensi kawasan ini besar karena ukurannya yang luas dan berada di pusat kota. Namun, kawasan ini sangat rentan macet akibat keberadaan odong-odong dan tiadanya tempat parkir yang memadai.

Lipur Suwarni, salah satu warga yang bermukim di sekitaran Alun-Alun Selatan, prihatin dengan kemacetan yang hampir setiap hari ia jumpai.

“Rasanya malas sekali ketika harus terpaksa pulang lewat jalur Alun-Alun Selatan. Jalanan pasti penuh oleh kendaraan wisatawan. Mau pulang ke rumah saja susah,” kata Lipur.

Juru parkir yang berada di kawasan Alun-Alun Selatan pun juga mengeluhkan kondisi ini. Salah satunya adalah Wariyat, juru parkir yang berada di sebelah barat Sasana Hinggil. “Saya sebagai tukang parkir sendiri juga kurang nyaman kalau macet seperti ini,” kata Wariyat.

Ketika ditanya tentang peran pemerintah terkait kesemrawutan ini, Wariyat mengaku bahwa pihak kecamatan dan Pemerintah Daerah (Pemda) sudah sering mengadakan rapat koordinasi. Namun, hasilnya masih nihil dan cenderung menemui jalan buntu.

“Apalagi kalau sudah masuk musim liburan. Susah sekali mengatur parkirnya,” kata Wariyat.

Selain tidak memadainya tempat/lahan parkir, keberadaan sepeda hias atau odong-odong juga turut menyumbang arus kemacetan.

Gusta, salah satu pemuda yang menyewakan sepeda hias mengaku, bahwa peraturan terkait keberadaan odong-odong adalah kewenangan pihak Kraton Ngayogyakarta. Menurutnya, Alun-Alun Selatan merupakan halaman belakang Kraton, yang segala aktivitasnya merupakan kewenangan Kraton.

“Pada rapat terakhir kemarin, Gusti Prabu mengatakan pihak Kraton tidak mengizinkan dan tidak melarang,” kata Gusta. Ia menambahkan, jika tidak menganggu masyarakat sekitar dan dapat dikelola dengan baik, Kraton belum akan bersikap.

About the author

maharsitama

maharsitama

you gotta know where you stand and why you stand here.
cheers, cherry 'n dynamit!