ALL Radio

Belajar Radio bersama MMTC Radio

anindyaghassani
Written by anindyaghassani

Meski statusnya merupakan radio komunitas, MMTC Radio juga merangkap sebagai laboratorium kampus yang digunakan untuk praktik seluruh civitas akademika MMTC. Sejak dikelola MMTC pada 2011, radio ini tidak hanya bertujuan sebagai penyedia informasi tetapi juga sebagai wahana untuk belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Negeri Multimedia MMTC .

Sebetulnya, radio ini telah mengudara sejak 2002 dengan nama Media Top di saluran 97.4 FM. Ini adalah sebuah radio komersial yang ilegal karena beroperasi tanpa izin. Setelah mengudara beberapa saat, aktivitas ilegalnya ketahuan dan pengoperasiannya dihentikan. Setelah vakum cukup lama, pada 2009 radio ini kembali lagi dengan memindahkan salurannya di 107.7 FM dan resmi berdiri sebagai radio komunitas pada tahun 2010.

Pengoperasian radio ini dilakukan penuh oleh pihak mahasiswa MMTC dengan bantuan lembaga sebagai fasilitator alat. SDM yang terlibat diambil penuh dari para mahasiswa MMTC dengan cara seleksi. Setelah menjalani tiga tahap seleksi, akan terpilih 30 orang untuk bergabung menjadi pengurus harian MMTC Radio. Uniknya, ketigapuluh orang yang terpilih menjadi pengurus tadi tidak memiliki jobdesk yang spesifik. Di samping jabatan kepengurusan mereka, semua pengurus didaulat menjadi penyiar dan produser di program-program milik MMTC Radio. Semua pengurus akan didaulat memproduseri salah satu dari dua puluh empat program milik MMTC Radio. Oleh karena itu, pada saat seleksi, seluruh pengurus wajib melalui tes suara terlebih dahulu untuk melihat karakter suara mereka dapat diterima di radio atau tidak.

Karena sejak awal diberdirikan sebagai radio komunitas yang menjunjung pendidikan, maka konten MMTC Radio tidak lepas dari hal itu. Hampir seluruh konten mereka berisi informasi tentang pengetahuan umum dan pendidikan. Contohnya adalah Program Jeda Siang yang mengundang berbagai narasumber. Lalu ada Morning Update yang berisi berita seputar kampus, lokal dan mancanegara. Adapula Program Evening Break yang membahas tentang pengetahuan-pengetahuan umum seperti Antariksa, dan lainnya.

Meskipun hanya merupakan radio komunitas dengan jarak siar terbatas, tetapi MMTC Radio telah melakukan banyak kerjasama dengan pihak luar. Salah satunya dengan Indiebook Corner, yaitu sebuah penerbitan yang menerbitkan buku-buku indie. MMTC Radio akan membagi-bagikan buku gratis dari penerbit tersebut kepada beberapa mahasiswa MMTC yang berhasil menjawab kuis mereka. Acara ini biasanya berlangsung pada minggu kedua dan minggu keempat tiap bulannya.

Selain dari Indiebook Corner, MMTC Radio kerap menjadi mitra media acara kampus lain. UGM merupakan salah satu kampus yang kerap bekerja sama dengan MMTC Radio. MMTC Radio juga aktif tergabung dalam Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta dan sering melakukan kunjungan maupun dikunjungi oleh radio lain.

Sebagai laboratorium kampus, radio ini dipergunakan untuk menunjang kegiatan belajar seluruh civitas akademika MMTC. Beberapa kali mahasiswa dan pengurus radio bekerjasama membuat produksi rekaman, dubbing animasi dan produksi reportase. Dari kerjasama dengan para mahasiswa tersebut, MMTC memiliki tambahan konten-konten untuk disiarkan.

Ruang Produksi milik Radio MMTC merangkap sebagai laboratorium kampus yang kerap digunakan  oleh mahasiswa MMTC lainnya.

Ruang Produksi MMTC Radio merangkap sebagai laboratorium kampus yang kerap digunakan oleh mahasiswa MMTC lainnya.

“Kami jadikan radio komunitas ini sebagai radio komunitas yang dapat menjangkau semua orang,” kata Brahm, Kepala Stasiun MMTC Radio ketika ditanya mengenai rencana ke depan radio ini. Mereka tidak memiliki rencana untuk menjadi komersial seperti radio kampus lainnya. Mereka akan tetap berada di jalur komunitas di bawah naungan Sekolah Tinggi Negeri Multimedia MMTC.

About the author

anindyaghassani

anindyaghassani

a student and loyal fangirl. my life divided on book, food, sweets, oppa and you, peeps. cheers!