ALL Klub Sepakbola

CS Magz, Dukungan Suporter bagi PSS Sleman

Tampilan CSMagz Edisi ke-3.
alfinfauzi
Written by alfinfauzi

Melalui majalah Curva Sud Magazine (CS Magz) yang dibentuk pada 22 Oktober 2013, anggota BCS menyebarkan berbagai informasi terkait PSS Sleman. Sejarah sampai berita hangat PSS diulas lengkap dalam majalah ini. CS Magz juga menyediakan rubrik khusus bagi para kelompok suporter PSS Sleman untuk saling mengenal.

“Tujuan awal pembentukan CS Magz untuk mempererat hubungan antar kelompok suporter PSS, yang tidak hanya  BCS saja. Selain itu majalah ini juga bisa bentuk dukungan nyata bagi PSS di luar lapangan,” kata Amrul, salah satu pengelola CS Magz.

Dukungan nyata di luar lapangan diwujudkan dalam bentuk penyerahan royalti sebesar 20% dari penjualan majalah ini. Untuk biaya operasional, CS magz menerima iklan dari pihak lain yang tidak merugikan klub.

Perkembangan internet kemudian mendorong pihak pengelola CS Magz untuk membuat majalah dalam versi online. Dibentuklah  www.csmagz.com yang kemudian berganti menjadi sleman-football.com. Awalnya, majalah versi online hanya untuk memperluas jaringan distribusi, namun melambungnya biaya produksi membuat pihak CS Magz memutuskan untuk fokus memproduksi majalah online.

post

Tampilan website Sleman-football.com

“Sekarang ini pengelola lebih memfokuskan ke websitenya ketimbang majalah cetak. Di samping biayanya besar dan memakan banyak waktu, kami juga memperhatikan kecenderungan para suporter yang terlihat lebih nyaman untuk membaca berita lewat gadget mereka,” jelas Azrdi.

Dalam produksi berita, CS Magz maupun sleman-football.com mempunyai reporter yang berasal dari kalangan suporter. Reporter yang ada memiliki latarbelakang yang beragam. Banyak juga dari mereka yang tidak memiliki latar belakang jurnalisme.

“Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi reporter, asalkan bisa menulis berita dan suka PSS. Kami juga menerima berita yang dikirim oleh pembaca dengan cara mengirimnya kepada cp yang tercantum di website,”ungkap Azrdi.

Website ini juga menerima iklan dari pihak lain. Dana yang didapat dari iklan digunakan untuk biaya operasional media Suporter PSS Sleman, baik itu Sleman-football, Elja Radio, maupun Elja TV.

About the author

alfinfauzi

alfinfauzi