ALL Klub Sepakbola

Elja Radio, Bukti Kecintaan Suporter

Su-qkdmU
alfinfauzi
Written by alfinfauzi

Elja Radio yang berdiri pada 2012 adalah salah satu wujud kecintaan kelompok suporter Brigata Curva Sud (BCS) terhadap PSS Sleman. Radio ini pun telah membuktikan diri sebagai radio online yang efektif dalam membangun hubungan di antara berbagai kelompok suporter PSS Sleman.

Nama Elja sendiri diambil dari julukan PSS Sleman, Elang Jawa. Di masa awal terbentuknya, Elja masih belum memiliki kantor tetap untuk siaran. Siaran dilakukan dengan cara berpindah-pindah dari satu rumah anggota BCS ke rumah lainnya.

“Pertama kali siaran, Elja hanya memutar lagu-lagu PSS Sleman. Kami juga pernah mengambil tempat RRI di Maguwo yang sudah lama tidak digunakan untuk siaran,” kata Syahrul, salah satu pendiri Elja Radio.

996844_182922455206054_1627925166_n

Studio Elja Radio di Stadion Maguwoharjo (Sumber: Elja Radio)

 

Tanggapan positif yang diberikan warga kepada Elja Radio membuat Elja Radio tetap bertahan bahkan terus berkembang hingga saat ini. Pendengar setia Elja radio semakin meningkat, bahkan ada juga pendengar setia Elja Radio yang ada di Jepang dan Jerman. Server yang tadinya hanya untuk 100 orang pendengar kini sudah ditambah. Kini Elja Radio juga bekerjasama dengan jogjastreamers.

loading...

“Pendengar bisa mengakses Elja Radio dari jogjastreamers atau bisa juga dari Web Elja langsung. Bagi pengguna Android, Elja Radio sekarang juga bisa diunduh secara gratis di Playstore,” kata Azrdi, salah satu kru Elja Radio.

playstore

Aplikasi Elja Radio untuk Pengguna Android

 

Awalnya biaya operasional Elja Radio diambil dari patungan yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat di dalam Elja. Namun, kini untuk biaya operasionalnya, Elja menerima iklan dari pihak lain selama iklan tersebut tidak merugikan PSS Sleman. Selain dari iklan, Elja juga mendapat penghasilan dari penjualan merchandise di CurvaSudShop.

“Penghasilan dari iklan dan penjualan merchandise tersebut digunakan untuk biaya operasional Elja Radio dan apabila ada uang lebih bisa kita gunakan untuk membantu PSS Sleman,” kata Syahrul.

Sekarang Elja Radio sudah memiliki kantor tetap di daerah Condongcatur, yang beroperasi sejak 2013. Tidak hanya Elja Radio, ada juga Curvasud Magazine dan Elja TV.

stu

Peralatan di Studio Elja Radio di Condongcatur

 

 

loading...

About the author

alfinfauzi

alfinfauzi