ALL Radio

Elja Radio Semakin Tinggi Mengudara

s7wZsP-f
Awik
Written by Awik

Elja Radio, radio komunitas yang didirikan oleh pendukung PSS Sleman, sudah banyak berbeda daripada saat kemunculannya tiga tahun silam. Elja Radio kini sudah memiliki studio permanen dan bekerja sama dengan Jogja Streamers. Tidak hanya itu, Elja Radio juga telah membuat aplikasi untuk gawai.

Pada saat awal berdirinya, radio komunitas hasil keisengan Azhar Achmadi ini mengudara hanya dengan alat seadanya.

Beghe, sapaan akrab Azhar Achmadi, mengatakan, “Setiap siaran jumlah crew tidak lebih dari 5 orang. Satu orang sebagai operator mixer, kemudian 2 orang sebagai penyiar. Kemudian sisanya adalah manajer lokasi. Perlu ada manajer lokasi karena kami tidak mempunyai studio permanen. Setiap kali siaran hanya dengan mixer portable dan laptop, kemudian dengan mic. Tetapi itu kemudian menjadi karakter radio ini karena Elja Radio dapat siaran di mana saja dan kapan saja.”

Namun kini Elja Radio sudah mampu menjadi contoh untuk komunitas lain. Elja Radio telah berkembang menjadi rumah bagi para pendukung PSS untuk menjalin silaturahmi baik itu on air atau off air. Selain mempererat hubungan antar suporter, pemain, pelatih, dan manajemen, Elja Radio tentu merupakan sarana belajar tentang penyiaran radio.

Studio Elja Radio berada di Kantor Media Curva Sud yang terletak di Condongcatur, Sleman. Di kantor tersebut Elja Radio bergabung bersama dengan media lainnya seperti  Curva Sud Magazine, Elja TV, dan juga web dari Curva Sud.

loading...
stu

Studio Elja Radio yang ada di Condongcatur

Elja Radio kini juga bekerja sama dengan Jogja Streamer, web penyedia radio online di Yogyakarta yang mendorong mereka untuk lebih profesional, baik materi maupun pembagian kerja. Elja Radio pun telah menggunakan server berbayar guna mampu lebih banyak menampung pendengar yang makin bertambah.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, Elja Radio pun kini telah memanfaatkan teknologi dengan membuat aplikasi untuk smartphone. Aplikasi ini memudahkan para pendengar mendengarkan siaran  dari Elja Radio hanya dengan menggunakan smartphone mereka. Aplikasi Elja Radio ini sangat mudah didapat, pendengar hanya tinggal mengunduhnya melalui Google Play di android.

elja copy

Aplikasi Elja Radio yang dapat diunduh melalui Google Play

Orientasi Elja Radio pun berkembang. Jika awal berdiri hanya dikelola dengan sangat minimalis dengan biaya yang ditanggung bersama, kini Elja Radio lebih menyerupai unit usaha menengah (UKM). Elja Radio mulai menerima iklan yang bersifat komersial.

“Hal tersebut bukanlah suatu masalah selama tidak mengganggu independensi Elja Radio itu sendiri,” kata Aldi yang juga merupakan pendiri Elja Radio. Iklan merupakan sumber dana yang bisa digunakan untuk membiayai operasional Elja Radio, dan jika ada keuntungan lebih akan dialokasikan untuk pengurus dan membantu klub kesayangan.

Target pendengar utama juga sudah terpenuhi, yaitu para pendukung PSS Sleman. Pendengarnya pun tidak hanya dari daerah Sleman dan Yogyakarta, tapi juga Jerman dan Jepang.

loading...

About the author

Awik

Awik

Mencoba nulis karena malu ngomong