ALL

Mengawasi Dampak Kehadiran Lippo Plaza

Yogyakarta baru saja memiliki pusat perbelanjaan baru bernama Lippo Plaza di Jalan Laksda Adisutjipto. Berdiri di tengah keramaian kota dan berdekatan dengan pemukiman warga membuatnya memiliki dampak sosial dan lingkungan bagi warga, terutama di Kelurahan Demangan.

Very Tri Jatmiko, Kepala Sub Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kualitas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, mengatakan bahwa selama proses pembangunan memang ada dampak yang dirasakan oleh warga sekitar. Pernyataan ini didukung oleh pengakuan warga sekitar area pembangunan. “Kalau dampak dari pembangunan ini yang paling terasa adalah debunya. Aktivitas pembangunan jalan terus, jadi debunya berterbangan. Selain itu pembangunan juga menimbulkan suara gaduh”, kata Ita Rosita (12/5).

Lippo Plaza memang sudah mengantongi izin AMDAL, namun Very menambahkan bahwa akan ada beberapa dampak yang dirasakan, misalnya kemacetan dan ketersediaan air tanah. “Kemacetan mungkin dapat terjadi, tetapi tidak dalam skala besar. Selama ini ‘kan kemacetan Kota Yogyakarta tidak terlalu parah”, kata Very yang ditemui di Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta pada Senin 11 Mei 2015.

Untuk masalah air, Very mengaku bahwa kehadiran bangunan besar, seperti apartemen, hotel, dan pusat perbelanjaan, akan mengurangi jumlah air tanah. Namun Very yakin hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan. “Bangunan-bangunan itu kami imbau untuk memakai sumur dalam, jadi ketersediaan air tanah bagi masyarakat akan aman”, tambahnya.

Selain dampak terhadap lingkungan, kehadiran pusat perbelanjaan ini juga membawa dampak sosial bagi masyarakat. Salah dampak sosial yang dikhawatirkan warga adalah matinya bisnis kecil di sekitar pusat perbelanjaan. “Dengan adanya mal sedikit banyak bisnis masyarakat terkena dampaknya”, kata Ita yang bekerja di sebuah toko buku kecil di sekitar daerah tersebut.

Untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh usaha kelas besar, Very mengatakan bahwa pemerintah akan selalu melakukan pengawasan. “Pemerintah akan terus mengontrol seluruh aktivitas usaha mereka, setelah itu kami akan membuat berita acara. Jika ada hal-hal yang menyimpang, kami akan segera evaluasi”, kata Very.

About the author

caninditaarum

caninditaarum

Keep head up! God gives His hardest battles to His strongest soldiers.
_Canindita Arum Astuti (13/345956/SP/25584)_