ALL Klub Sepakbola

Pembubaran PSS Sleman yang Mengejutkan

pp
alfinfauzi
Written by alfinfauzi

Kisruh yang terjadi antara Menpora dan PSSI berdampak besar pada jalannya Liga Indonesia. Berhentinya liga memaksa banyak klub membubarkan timnya walau sudah melakukan persiapan serius untuk menghadapi liga 2015-2106. PSS Sleman juga ikut membubarkan diri, yang mengejutkan banyak pendukungnya.

Pertandingan persahabatan melawan peserta Liga Nusantara, Persikama Kab. Magelang, yang diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo, Minggu (10/5) menjadi laga terakhir yang dilakoni oleh PSS Sleman sebelum klub secara resmi dibubarkan.

“Kami datang ke pertandingan persahabatan ini untuk menyaksikan PSS, tapi usai pertandingan kami dikejutkan dengan pengumuman pembubaran PSS,” kata Anwar salah seorang pendukung PSS.

Hal senada juga disampaikan oleh Heru, salah seorang anggota BCS,” Pernyataan pembubaran PSS membuat saya sangat terkejut. Saya juga sedikit kecewa dengan manajemen klub karena tidak bisa mempertahankan PSS, tapi kalau hal itu sudah menjadi keputusan pihak manajemen, apa boleh buat. Kita hanya bisa menerimanya.”

Awalnya, pelatih Jaya Hartono melakukan rotasi pemain demi mengasah kemampuan para pemain pelapis demi menghadapi kompetisi musim ini. Namun, hal tersebut tidak seperti yang diharapkan oleh pelatih karena setelah laga itu, klub secara resmi dibubarkan.

“Cukup, tim kita hentikan. Ini pertandingan terakhir, setelah ini tim kita bubarkan,” kata Soekoco, manajer umum PSS Sleman, seusai pertandingan.

Dengan dibubarkannya klub, pihak manajemen memberikan kebebasan pada pelatih dan pemain yang ingin mencari klub baru. Terkait dengan gaji pelatih dan pemain, pihak manajemen juga berjanji akan melunasi gaji pelatih dan pemain sampai April. “Gaji bulan April akan kami bayarkan,” jelas Soekoco.

loading...
maxresdefault

Suasana Pertandingan PSS Sleman Vs Persikama (Foto: Bima Iskandar)

Ketidakjelasan Liga Indonesia menjadi alasan utama pihak manajemen untuk membubarkan klub. Berhentinya liga membawa persoalan serius bagi semua klub yang ada. Masalah finansial menjadi masalah yang paling besar karena tidak adanya liga membuat pemasukan klub menurun drastis. Walapun PSS Sleman dikenal dengan finansial yang kuat, namun ketidakjelasan liga ini membuat PSS Sleman juga kesulitan.

Pengumuman terkait bubarnya PSS Sleman memang membuat kelompok suporter sangat terkejut. Namun hal tersebut tidak membuat suporter PSS terutama BCS mengalihkan dukungannya dari PSS Sleman. Para anggota BCS mengaku akan tetap setia mendukung PSS Sleman walaupun klub telah dibubarkan secara resmi.

“Walaupun klub PSS telah resmi dibubarkan, kami akan selalu ada dan berdiri tegak mendukung PSS Sleman di mana pun dan sampai kapan pun,” ungkap Adi anggota BCS.

936474_521609591236082_1331605781_n

BrigataCurvaSud saat mendukung PSS Sleman (Sumber: BrigataCurvaSud)

 

loading...

About the author

alfinfauzi

alfinfauzi