ALL Klub Sepakbola

Persiapan Elang Jawa Menghadapi Musim 2015

RafiqiNF
Written by RafiqiNF

Meskipun kompetisi Divisi Utama 2015 masih abu-abu, PSS Sleman terus mempersiapkan diri untuk mengarunginya. Selain melatih teknik dan fisik pemain, kesiapan finansial dan perangkat lainnya terus disiapkan.

Di tengah konflik PSSI-Menpora yang membuat kompetisi tidak jelas, pemain PSS Sleman yang kini diasuh oleh Jaya Hartono tetap menjalani program latihan. Setiap hari, latihan tersebut dibagi menjadi dua sesi yaitu pada pagi dan sore hari di Stadion Maguwoharjo dan Tridadi, Sleman. Teknik permainan terus diasah. Dalam latihan tersebut, pelatih membiasakan pemain untuk melakukan permainan cepat dan banyak umpan-umpan pendek. “Saya ingin PSS main umpan-umpan pendek, lapangan di Maguwoharjo sangat mendukung,” ujar Pelatih PSS, Jaya Hartono.

Formasi 4-4-2 yang menjadi andalan Jaya Hartono juga terus disempurnakan. PSS yang banyak memiliki pemain sayap lincah seperti Dicky Prayoga dan Voller Ortega terlihat mencoba untuk mengandalkan pola penyerangan melalui kedua sayap. Selain itu, formasi 4-4-2 juga bisa berubah menjadi 4-5-1 ketika menghadapi lawan yang memiliki determinasi tinggi. “Untuk formasi cenderung 4-4-2 tetapi bisa berubah melihat situasi permainan lawan,” ungkap Jaya.

Untuk mencapai standar permainan yang diinginkan, jajaran pelatih juga menyelipkan sesi pembenahan fisik pemain. Sebelumnya, hasil tes fisik pertama masih menunjukkan tingkat VO2 Max pemain PSS yang masih di bawah rata-rata. “Tes fisik terakhir, standar VO2 Max sudah membaik, beberapa pemain bahkan mendekati level pemain ISL,” kata mantan pelatih Persib Bandung ini.

latihan 17 maret 2015kecils

Pemain PSS terlihat bersemangat menjalani latihan di Stadion Tridadi, 17 Maret 2015.

Manajemen juga sudah mendaftarkan pemain ke PT Liga Indonesia sebagai syarat administrasi liga. Sebenarnya PSS Sleman telah memperkenalkan 24 pemain untuk kompetisi mendatang namun 2 pemain lokal Sleman yaitu Syahrul dan Edo masih berstatus magang sehingga tidak ikut didaftarkan ke PT Liga Indonesia. Semua pemain yang didaftarkan juga sudah diikat kontrak oleh manajemen.  “Walaupun kompetisi masih belum jelas, pemain sudah ada kesepakatan dengan manajemen terkait kontrak,” kata Dicky Prayoga, salah satu pemain PSS.

Daftar pemain PSS yang telah menjalin kesepakatan dengan manajemen: Kiper: Herman Batak, Syamsidar, Gratheo Hadi, Syahrul (Magang); Belakang: Rasmoyo, Taji Prasetyo, Ade Christian, Aditya Wahyu, Nanang Kurniawan, Sofyan Efendi, Hary Prasetyo, Azmi Aswibi, Danan Puspito, Edo Pratama (Magang); Tengah: Tommy Pranata, Elvis Nelson, M. Rifky, Dicky Prayoga, Voller Ortega, Wawan Widyantoro, Johan Arga; Depan: Aris Alfiansyah, Agung Suprayogi, Diego Benowo.

Aspek Manajemen dan Finansial

Manajemen juga turut mempersiapkan finansial dan kesiapan tim yang lain untuk mengarungi kompetisi. Selain mengandalkan tiket dari antusiasme penonton yang tinggi, pihak sponsor terus didekati supaya bisa membantu keuangan tim. Sponsor utama yaitu Muncul Grup telah muncul di seragam pemain dan diperkenalkan saat acara launching tim pada 24 April 2015. Salah satu lini usaha Muncul Grup yaitu Jogja City Mall menjadi tempat penyelenggaraan launching tim yang digelar sangat meriah.

website

Tampilan pss-sleman.co.id yang menjadi situs resmi PSS Sleman.

Sebagai wujud transparansi dan pemenuhan syarat klub profesional, pada acara tersebut PSS Sleman juga turut meluncurkan situs web resmi dengan alamat pss-sleman.co.id.  Selain berisikan informasi dan berita resmi klub, situs tersebut juga akan digunakan sebagai toko online bagi suvenir dan seragam baru PSS.

Manajemen juga masih mempertahankan perusahaan kostum lokal Sleman, Sembada, sebagai penyedia perlengkapan bagi tim. Seragam tersebut telah diperkenalkan dalam latihan Senin, 17 Maret 2015. “Rencananya sebelum diluncurkan, seragam dites dulu sambil menunggu masukan dari pemain dan suporter,“ ujar Surya “Kuda” selaku kitman PSS Sleman.

PSS Sleman sudah meluncurkan secara resmi seragam tersebut pada acara launching 24 April silam. Seragam dan suvenir resmi klub nantinya akan dijual di toko resmi klub di seputaran ruko Seturan.

About the author

RafiqiNF

RafiqiNF

Rafiqi Navyrul Fahmi (13/349584/SP/25816)