ALL Transportasi Publik

Polusi Bus Trans Jogja, Menunggu Solusi Tepat

Bus Trans Jogja sedang parkir di Terminal Giwangan
Fauzi Ananta
Written by Fauzi Ananta

 

“Asapnya itu hitam sekali. Hampir setiap hari saya selalu melihat Bus Trans Jogja yang ngebul. Trans Jogja yang jadi ikon kota malah merusak lingkungan,” kata Anisa Rahayu, mahasiswa yang setiap hari melewati jalan H.O.S. Cokroaminoto, yang dilalui oleh Trans Jogja.

Tidak dapat dipungkiri, asap dari bus Trans Jogja memang sangat mengganggu pengguna jalan lainnya. Pernyataan Anisa juga didukung Lilik Wachid, peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM. “Saya bisa bilang asapnya burukItu mengganggu pengguna jalan lain, termasuk saya,” ujar Lilik saat ditemui pada Senin (23/3) di kantor Pustral UGM.

Menurut Direktur Utama PT Jogja Tugu Trans (JTT), Bambang Sugiharto, hanya lima armadanya yang ngebul. Puluhan armada lain menurutnya sudah menjalani perbaikan dan dinyatakan layak jalan.

“Asap hitam emisi gas buang bus Trans Jogja disebabkan adanya kerusakan bospom. Alat itu mengatur penyemprotan bahan bakar solar ke mesin. Meskipun begitu hanya angkatan pertama saja yang ngebul,” kata Bambang Sugiharto, seperti dilansir oleh Tribun Jogja, Senin (4/8).

Ketika ditanya mengenai hal tersebut, aktivis lingkungan Ikhsan Martasuwita menanggapinya dengan sinis. “Asap ngebul? Saya melihatnya setiap hari. Kenapa mereka bisa bilang hanya lima? Polusi udara buruk untuk semua makhluk hidup di bumi ini,” kata Ikhsan yang juga ketua Earth Hour Jogja, sebuah komunitas bentukan WWF di bidang pelestarian alam.

Sementara itu, Emmy Yuniarti, mahasiswa fast track jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UGM, mengatakan, “Pada tahun 2030 diperkirakan jumlah bus Transjogja sebanyak 297 hingga 442 armada. Jumlah ini diperkirakan akan mengonsumsi energi 49.728,79 hingga 74.007,15 kl solar per hari dan akan menghasilkan CO2 sebanyak 131,88 hingga 196,27 ton per hari,” paparnya.

Hal serupa disampaikan Teguh, peneliti di Badan Lingkungan Hidup (BLH). “Asap itu termasuk polusi udara, yang namanya polusi pasti tidak baik untuk makhluk hidup dan lingkungan,” ujarnya.

“Alih- alih mengurangi kepadatan lalu lintas, polusi udara justru masih sering terjadi karena perawatan armada yang kurang baik,” kata Emmy. Meskipun begitu, ia berharap Trans Jogja dapat menerapkan transportasi hijau dengan lebih baik melalui penggunaan bahan bakar ramah lingkungan.

 

 

About the author

Fauzi Ananta

Fauzi Ananta

Kerapkali mendesain dan memfoto apapun selain pernikahan.

  • agiel

    sampai saat ini masih belum ada penanganan.. dijalanan masih tetap ngebul, bahkan hampir di setiap semua kendaraannya .. sangat tidak laik utk beroperasi, mengganggu sekali …