ALL

Portal Jalan, Untung dan Rugi Bagi Anak Kos

Keberadaan portal jalan dengan jam tutup portal terkadang menghalangi mobilitas penghuni kos, namun juga menjadi alat keamanan dari tindak kejahatan.
Keberadaan portal jalan dengan jam tutup portal terkadang menghalangi mobilitas penghuni kos, namun juga menjadi alat keamanan dari tindak kejahatan.
nesyagata
Written by nesyagata

Sebagian besar jalan menuju kompleks hunian kos yang berada di Yogya terpasang portal besi yang melintang dan menjadi penutup jalan pada jam tertentu. Pro dan kontra mengenai portal datang dari para penghuni kos, yang merasakan kelebihan dan kekurangannya. 

Benda yang terbuat dari besi tersebut memang sederhana tetapi cukup berdampak besar bagi siapa saja yang tidak bisa melewatinya. Portal menjadi penghalang mobilitas para penghuni kos, yakni mereka yang belum terbiasa dengan lingkungan baru yang dibatasi jam tutup portal.

Tugas kuliah yang menuntut Ines, penghuni kos di Jalan Kaliurang KM 5,5, untuk pulang larut tidak jarang mempertemukan Ines dengan keadaan portal jalan sudah ditutup dan tidak dapat dilewati. Ines yang membawa kendaraan beroda empat harus melewati jalan lain untuk sampai kos. Jalur lain tersebut cukup berisiko, yakni jalanan berbatu cukup besar, sepi, dan gelap.

Rasa lapar yang menyerang pada malam hari juga dapat terhalang oleh portal yang melintang. Itulah yang seringkali dialami oleh Christy. Portal kos yang sudah melintang terkadang mengurungkan niatnya untuk pergi keluar mencari makan.

“Ya, kalau lapar sekali atau benar-benar mendesak lebih baik pesan antar atau meminta bantuan teman untuk membelikan makan,” kata Tyty, sapaan akrabnya.

loading...

Namun, di balik keluhan itu semua terdapat perasaan aman akan lingkungan sekitar kos. Terlebih lagi jika adanya penjaga atau petugas ronda yang menjaga portal tersebut. Seperti lingkungan sekitar kos Tyty yang sepi dan rawan kejahatan menjadi aman dengan adanya portal dan penjaga. Ines pun juga merasa lebih aman sebagai penghuni di daerah tersebut karena adanya penjagaan ganda dari portal dan dari petugas yang berjaga di daerah tersebut.

Teguh, salah seorang penjaga kos dan juga petugas penjaga portal di daerah Klebengan mengatakan belum ada keluhan yang datang dari para penghuni kos mengenai portal. Portal yang jam tutupnya tidak menentu dan terkadang masih dalam jam produktif mahasiswa memang diakui oleh Teguh.

“Ini merupakan cara lain dari kami untuk menjaga keamanan di sekitar kos. Ya, kami berusaha untuk tertib dalam penerapan jam tutup portal supaya penghuni kos juga ikut tertib jaga keamanan sekitar,” kata Teguh.

Terbukti dengan adanya portal tersebut masalah seperti pencurian dan kehilangan sampai saat ini belum pernah terjadi di daerah Klebengan. Hal tersebut membuat penghuni kos merasa bertambah aman dan nyaman. Portal yang dilihat sebagai penghalang bagi penghuni untuk mobilisasi tidak selamanya menjadi penghalang. Hadirnya portal menjadi penjaga penghuni dari tindak pencurian.

loading...

About the author

nesyagata

nesyagata