ALL Hotel

Terganggunya Kenyamanan Warga Sekitar Hotel Zodiak

Hotel Zodiak yang berada di Jl. Hos. Cokroaminoto No.145.
Hotel Zodiak yang berada di Jl. Hos. Cokroaminoto No.145.
Written by dityasmara

Hotel Zodiak yang terletak di daerah Wirobrajan beberapa kali bermasalah dengan warga sekitar. Meskipun proses pembangunannya sudah selesai dan masalah bising sudah terselesaikan, warga sekitar melontarkan kritik akibat acara musik yang diselenggarakan oleh pihak hotel. Acara musik pada malam hari dan di atap hotel itu dinilai warga mengganggu kenyamanan dan ketentraman.

Suwardi, Ketua RT setempat, mengatakan dirinya sudah pernah protes kepada pihak hotel terkait acara musik yang diselenggarakan. “Suara musik yang terdengar sangat bising. Saya sudah pernah katakan seharusnya acara musik itu dipindahkan ke dalam ruangan yang kedap suara. Volume suara juga harus dikecilkan. Waktu penyelenggaraannya juga seharusnya dikurangi.” protes Suwardi menanggapi acara musik tersebut.

Selain itu, mengenai masalah lingkungan, Suwardi mengungkapkan ketidakpercayaannya terhadap klaim pihak hotel bahwa operasional mereka tidak penurunan permukaan air tanah di wilayah sekitar.

“Pihak hotel mengatakan tidak menurunkan permukaan air tanah di wilayah ini. Tapi saya tidak percaya karena semua hotel di Yogyakarta pasti menurunkan permukaan air tanah di daerah sekitarnya,” kata Suwardi.

loading...

Ia juga menambahkan bahwa ketika teknis pemeriksaan pihak hotel hanya mengeruk sebatas 80 meter. Namun tetap saja ia tidak yakin apakah praktiknya juga demikian. Ia juga menilai bahwa pihak hotel tidak memberikan timbal balik apa-apa kepada warga dan merasa dirugikan akibat adanya hotel baru tersebut.

“Hotel itu (Zodiak) tidak memberikan subsidi bagi kami, hanya mencari keuntungan bagi pihak hotel saja. Keberadaannya juga memberikan polusi dan hanya menutupi pandangan saja,” jawab Suwardi.

Sementara itu, pihak hotel mengatakan sudah menanggapi protes dari RT setempat dan sudah memindahkan kegiatan acara musik tersebut ke dalam koridor hotel. “Acaranya sudah kami pindahkan, begitu pula pelaksanaannya. Tidak setiap malam kami selenggarakan lagi, tapi hanya seminggu sekali dan hanya jika ada acara khusus saja,” kata Mita selaku staf humas hotel.

Mita juga menambahkan bahwa Hotel Zodiak sudah menunjukkan kepedulian terhadap wilayah sekitar. “Sebagai bentuk kontibusi kami untuk daerah ini, kami memberikan dana sebesar Rp 10 juta untuk pembangunan masjid warga,” kata Mita mengenai isu hotelnya yang tidak memperhatikan wilayah sekitar.

loading...

About the author

dityasmara