ALL Radio

Tim Kreatif Radio, Sosok Penting di Balik Suara

Tim kreatif adalah salah satu unsur terpenting keberhasilan sebuah stasiun radio. Mereka adalah otak kreatif di balik program-program acara yang ada. Bukan hanya itu, di luar ruang siaran mereka juga sangat membantu untuk acara-acara off-air. Tanpa tim yang sungguh kreatif, stasiun radio bisa mengalami jalan buntu dalam mengembangkan eksistensi mereka.

Di Yogyakarta, Geronimo FM dan Swaragama FM merupakan dua radio terunggul di telinga para pendengar terutama kaum muda. Geronimo, dengan program terbaiknya yaitu Playground, dan Swaragama, dengan program Your Friends dan Sunset Drive, berhasil membuat mereka naik daun di dunia penyiaran radio. Tim kreatif memiliki peran penting di balik kesuksesan itu.

Boma Ardian, manajer program di Swaragama, menjelaskan bahwa tim kreatif, atau biasanya disebut produser pelaksana, berada di bawah departemen produksi yang bertanggung jawab pada program manager. Mereka memiliki dua program kerja, yakni internal dan eksternal. Di internal, tugas mereka adalah menyusun konten yang hendak disiarkan ke udara. Sedang pada eksternal, mereka menjadi unsur utama dalam membuat, mengonsep, dan menyusun sebuah acara off-air, termasuk mengajukan proposal acara yang hendak digelar.

Berbagai macam event pada radio Swaragama yang  diselenggarakan oleh creative officer.

Berbagai macam acara off-air radio Swaragama yang dikelola oleh tim kreatif.

Tim kreatif bertugas mengonsep detail-detail sebuah program acara, di samping yang telah dikonsep oleh manajer program selaku produser utama. Meskipun pemegang kunci program radio secara keseluruhan adalah manajer program, produser siaran mampu mengubah konsep yang tidak pas agar lebih sesuai dengan program tersebut. Bersama dengan penyiar, produser siaran bertanggung jawab dalam membuat konten acara, mengawasi siaran, dan biasanya bekerja pada acara-acara unggulan di stasiun radio.

Walaupun pekerjaan mereka terhitung berat, rata-rata stasiun radio Yogyakarta hanya memiliki satu hingga dua orang tim kreatif. Di radio Unisi hanya ada satu orang tim kreatif. Tidak jauh berbeda, di Swaragama pun hanya memiliki dua orang tim kreatif. Sumber daya manusia di stasiun radio memang tidak membutuhkan banyak orang seperti di televisi, seperti yang diungkapkan oleh Bonny, manajer program di Jogja Family. Ini karena stasiun radio memiliki urusan teknis yang cukup sederhana untuk bisa dioperasikan oleh sedikit orang saja.

Tim kreatif juga banyak berperan pada pembuatan jingle radio. Ide kreatif mereka membantu tim produksi dalam membuat jingle tersebut. Seperti pada radio Unisi, tim kreatif yang hanya ada satu orang di sana, turut menyumbang ide dalam pembuatan jingle mereka. “Mereka banyak membantu di pembuatannya,” ujar Zam, manajer online Radio Unisi.

Berbeda dengan Unisi Radio, dalam pembuatan jingle pada radio Swaragama, mereka mengandalkan jasa pembuatan jingle radio di A.S., dengan konsep yang diolah oleh program manager dan pemilik radio, tanpa melibatkan tim kreatif.

Indikator utama kesuksesan tim kreatif adalah apabila program acara yang mereka konsep dan kelola berhasil menjadi program unggulan pilihan pendengar. Zam Alfaris, Boma Ardian, dan Bonny Prasetia berpendapat bahwa tim kreatif tak hanya berperan penting dalam eksistensi program acara mereka, namun juga dalam melambungkan nama stasiun radio ke jajaran radio terunggul di Yogya.

About the author

Mida

Mida