ALL

VW Kombi sebagai Shuttle Restoran Bale Raos

Salah satu armada VW Kombi yang menjadi ciri khas Bale Raos.
Salah satu armada VW Kombi yang menjadi ciri khas Bale Raos.
Muhammad Zaki
Written by Muhammad Zaki

Menempati bangunan warisan budaya yang berada di wilayah Keraton Yogyakarta, restoran Bale Raos sempat menerima keluhan dari pelanggan luar kota yang hendak berkunjung ke restoran bertajuk Royal Cuisine tersebut. Pasalnya, kebijakan yang melarang bus masuk kawasan Jeron Beteng merepotkan tamu yang naik bus wisata.

“Kami pernah menerima telepon dari pelanggan, katanya tidak bisa masuk gara-gara menggunakan bus,” kata Yarto, Kepala Pelaksana Teknis Bale Raos, yang berlokasi di Jl. Magangan Kulon No.1.

Tidak lama setelah mendapat panggilan tersebut, pihak Bale Raos segera menjemput pelanggan yang kesulitan memasuki kawasan Jeron Beteng. Saat itu, kendaraan yang tersedia adalah Volkswagen Type 2 atau biasa disebut VW Kombi.

Uniknya, pelanggan yang awalnya mengeluh kerepotan untuk datang ke Bale Raos malah senang ketika tahu Bale Raos menyediakan layanan antar jemput dengan VW Kombi. “Respons pelanggan bagus sekali. Mereka senang ketika dijemput oleh mobil klasik. VW Kombi itu kebetulan milik Bapak Sumartoyo, pemilik Bale Raos,” kata Yarto.

loading...

Melihat respons tamu yang positif, Bale Raos memutuskan untuk merutinkan penggunaan VW Kombi sebagai shuttle. “Kami tidak memungut biaya, ini bagian dari pelayanan kami,” kata Otik, manajer Bale Raos.

Otik berkata, shuttle VW Kombi bisa bolak-balik menjemput tiga sampai enam rombongan per harinya di akhir pekan. Satu unit VW Kombi bisa mengangkut delapan sampai 12 orang. Pihak Bale Raos juga terus menambah VW Kombinya. Armada yang awalnya terdiri dari tiga mobil kini berkembang menjadi sepuluh unit VW Kombi.

Sumartoyo, yang juga ketua Volkswagen Club Yogyakarta (VCY), mengajak anggota VCY untuk ikut menjadi bagian dari shuttle VW Kombi Bale Raos. “Anggota VCY dan VCY sendiri bisa mendapatkan apresiasi dan eksistensi. Bahkan mereka sukarela mendaftarkan VW Kombinya untuk jadi pasukan Bale Raos,” imbuh Yarto. Sejak akhir 2014, shuttle VW Kombi telah menjadi ciri khas Bale Raos.

Otik mengaku tidak ada rencana untuk membuat paket wisata keliling Jeron Beteng. Menurutnya, pengadaan shuttle VW Kombi hanya sebuah upaya untuk mempertahankan reputasi Bale Raos saja. Jika sekaligus ditambah paket wisata, tujuan awalnya terlupakan dan pemilik-pemilik VW Kombi tersebut bisa keberatan.

loading...

About the author

Muhammad Zaki

Muhammad Zaki

Singkat, Padat, Berpahala